Kamis, 08 Agustus 2019

Tips Penataan Barang Pada Bisnis Sewa Gudang Umum


Saat ini layanan jasa dan bisnis sewa gudang umum semakin marak. Makin tingginya kebutuhan perusahaan terhadap gudang untuk tempat penyimpanan barang dan produk mereka membuat banyak perusahaan mencari bangunan untuk kebutuhan tersebut dari pada membeli gudang dijual oleh pemiliknya yang tentunya harganya juga cukup lumayan untuk sebuah perusahaan yang baru didirikan, sehingga memilih untuk menyewa gudang adalah sebuah alternatif yang masuk akal.
Saat ini bidang bisnis yang bisa kita geluti ada banyak sekali mulai dari menjual berbagai jenis produk sampai dengan menyediakan jasa-jasa yang cukup menjanjikan. Ada berbagai jenis bisnis jasa yang bisa kita coba geluti seperti sewa properti bangunan gudang umum yang akan sangat dibutuhkan oleh para distributor produk-produk yang akan dipasarkan.
Apalagi dengan semakin tingginya transaksi online melalui berbagai e-commerce, ikut mendongkrak kebutuhan perusahaan terhadap gudang penyimpanan. Selain berfungsi untuk mengelola dan menyimpan barang dan hasil produksinya, properti berupa gudang juga sangat dibutuhkan untuk melancarkan distribusi barang agar bisa segera dikirimkan kepada konsumen.
Memang setiap bisnis produk pasti akan memerlukan pasokan yang cukup banyak agar tidak terjadi kekurangan barang di pasar. Terutama disaat permintaan melonjak, maka tinggal mengambil barang di gudang untuk kemudian diteruskan ke para pelanggan. Penggunaan gudang umum sendiri sangat penting sekali dan jika bisnis pemasaran produk tidak menggunakan jasa sewa gudang umum, maka akan mengganggu kinerja pemasaran.
Untuk itu kita bisa bisnis menyewakan gudang untuk berbagai keperluan seperti tempat penyimpanan produk makanan atau produk lainnya. Pastinya bisnis ini akan bisa berjalan dengan baik mengingat setiap produsen membutuhkan gudang sebagai penyimpanan produk.
Tips Bisnis Sewa Gudang Umum
Agar bisa selalu menjaga kualitas gudang kita, maka perlu dilakukan penataan dan menjaga kebersihan. Dengan penataan barang umum pada gudang yang baik, akan membuat proses pencarian suatu barang di gudang menjadi lebih cepat dan bisa menghemat banyak waktu serta tenaga.
Nah untuk itu ada beberapa cara penyimpanan barang di gudang umum pada bisnis sewa gudang umum kita agar lebih rapi, efektif dan efisien. Berikut ini beberapa caranya yang sebaiknya anda tahu:
1.     Penataan Block Stacking
Model penataan barang di gudang yang pertama adalah Block Stacking. Cara penataan model ini adalah dengan menumpuk setiap pallet dengan bentuk vertikal sehingga membentuk blok. Namun kita juga perlu memperhatikan jumlah tumpukan pallet. Karena ada batas maksimal jika kita menumpuk pallet secara vertikal. Dengan model ini akan membuat gudang menjadi lebih hemat tempat dan tidak membutuhkan rak.
2.     Stacking Frame
Penataan barang di gudang selanjutnya adalah stacking frame yang cara penataannya adalah dengan memberikan bingkai pada pallet-palllet. Kemudian semua pallet tersebut ditumpuk sampai batas ketinggian maksimal untuk menjaga keamanan. Barang yang ada di dalam pallet bisa kita sesuaikan penataannya agar bisa mengambilnya dengan mudah tanpa harus menggeser barang yang ada di atasnya.
3.     Pallet Rack
Model ini cara penataannya adalah semua barang disusun rapi pada pallet lalu pallet tersebut disimpan ke dalam rak khusus. Saat ada slot yang kosong maka kita tinggal memasukkan pallet lain. Ada dua jenis rak yang bisa kita pilih yaitu single pallet dengan 1 rak pada 1 baris dan double rak dengan 2 rak dalam satu baris.
Itulah beberapa jenis penataan gudang umum yang bisa kita terapkan selama berbisnis penyewaan gudang. Dengan memilih jenis penataan yang baik, maka akan bisa memaksimalkan setiap ruang kosong yang ada di dalam gudang. Semoga informasi tentang tips penataan barang pada bisnis sewa gudang umum ini bermanfaat ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar