Senin, 01 April 2019

KPU Gresik Sebut 10.477 Surat Suara Rusak

KPU Gresik Sebut 10.477 Surat Suara Rusak - Ketua Komisi Pemilihan Umum ( KPU) kabupaten Gresik yaitu Akhmad Roni mengatakan bahwa sebanyak 10 ribuan lembar surat suara yang akan digunakan untuk pemilihan umum mengalami kerusakan. Kerusakan itu diketahui usai proses penyortiran surat suara. Kertas surat suara yang ditemukan rusak terdiri dari 588 lembar kertas surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, 3.115 lembar untuk pemilihan anggota DPR RI. Kemudian, 627 lembar untuk pemilihan DPD, 1.954 lembar untuk pemilihan DPRD Provinsi, dan 4.193 lembar untuk pemilihan anggota DPRD Kabupaten Gresik.

Roni menyampaikan kepada wartawan bahwa terdapat sebanyak 4 juta (lembar) surat suara yang sudah kami terima, tapi ada surat yang rusak sekitar 10 ribuan. Hal ini sudah kami laporkan dan mintakan penggantinya ke KPU pusat. Ia menyampaikannya saat agenda sosialisasi di kantor KPU Gresik, pada hari Jumat (22/3/2019). Selain kertas yang robek, beberapa kerusakan di kertas surat suara tersebut adalah kebanyakan hasil cetakan yang kurang sempurna. Kesalahannya mulai dari gradasi warna yang tidak sesuai, adanya bercak warna pada surat suara, maupun hal-hal lain yang juga berkaitan dengan komposisi cetakan warna. Roni kembali menjelaskan bahw masalah tersebut sudah kami beritahukan ke KPU pusat per tanggal 16 (Maret) kemarin, agar dapat segera ditindaklanjuti oleh yang berwenang dan disiapkan penggantinya.

Roni belum mengetahui kapan KPU pusat akan mengganti kertas surat suara yang rusak tersebut. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, nantinya surat suara yang rusak ini akan dibakar. Sementara itu, KPU Gresik mencatat sebanyak 927.045 pemilih masuk dalam DPT (daftar pemilih tetap) pada Pemilu 2019 ini. Perinciannya yaitu sebanyak 465.833 pemilih berjenis kelamin laki-laki, sementara sisanya pemilih berjenis kelamin perempuan. KPU Gresik juga akan menyiapkan sebanyak 3.654 Tempat Pemungutan Suara (TPS), yang disebar di 18 Kecamatan .

Demikian berita informasi yang berjudul “KPU Gresik Sebut 10.477 Surat Suara Rusak”. Semoga Bermanfaat …

Tidak ada komentar:

Posting Komentar