Kamis, 10 Juli 2014

Korelasi Keimanan dan Ketakwaan



                    E.     Korelasi Keimanan dan Ketakwaan
Keimanan pada keesaan Allah yang di kenal dengan istilah Tauhid di bagi menjadi dua, yaitu Tauhid Teoritis (Tauhid Rububiyah) dan Tauhid Praktis (Tauhid Uluhiyyah)
Tauhid teoritis adalah Tauhid yang membahas tentang keesaan zat, keesaan sifat, dan keesaan perbuatan Tuhan. Konsekuensi tauhid teoritis adalah pengakuan yang ikhlas bahwa Allah adalah satu-satunya wujud mutlak.
Adapun Tauhid Praktis yang merupakan terapan Tauhid Teoritis, berhubungan dengan ibadah manusia.
Dalam menegakkan Tauhid seseorang harus menyatukan iman dan amal, konsep dan pelaksanaan, pikiran dan perbuatan, serta teks dan konteks dengan demikian bertauhid adalah mengesakan Tuhan dalam pengertian yakin dan percaya kepada Allah melalui pikiran, membenarkan dalam hati, mengucapkan dengan lisan dan mengamalkannya dengan perbuatan.
                                                                                                           
F. Implementasi Iman Dan Takwa
  1. Problematika, Tantangan dan Resiko dalam Kehidupan Modern
Pada millennium ketiga, bangsa Indonesia dimungkinkan sebagai masyarakat yang satu dengan yang lainnya saling bermusuhan. Hal itu digambarkan oleh Ali Imran : 103, sebagai kehidupan yang terlibat dalam wujud saling bermusuhan ( idz kuntum a’ daa’an ), yaitu suatu wujud kehidupan yang berada pada ancaman kehancuran.
Adopsi modernisme (westernisme), kendatipun tidak secara total, yang dilakukan bangsa Indonesia selama ini, telah menempatkan bangsa Indonesia menjadi bangsa yang semi naturalis. Di sisi lain, di adopsinya idealisme juga telah menjadikan bangsa Indonesia menjadi pengkayal. Adanya tarik menarik antara kekuatan idealisme dan naturalisme menjadikan bangsa Indonesia bersikap tidak menentu. Oleh karena itu, kehidupannya selalu terombang-ambing oleh isme-isme tersebut.
Untuk membebaskan bangsa Indonesia dari persoalan tersebut, perlu dilakukan revolusi pandangan. Dalam kaitan ini, iman dan taqwa yang dapat berperan menyelesaikan problema dan tantangan kehidupan modern tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar